Selasa, 11 Januari 2011

SEJARAH DUNIA INTERNET

Jika Anda saat ini mungkin sedang sibuk dengan segala aktivitas dalam menyambut Tahun baru 2011, maka saya sedang sibuk mencari tahu bagaimana sejarah perkembangan Internet itu yang sesungguhnya. Ketertarikan saya ingin menguliti sejarah Internet adalah karena saya salah satu orang yang sangat kecanduan dengan dunia Internet. Saya tidak bisa hidup tanpa Internet. Dan rasa-rasanya tidak berlebihan kan, kalau saya menyampaikan apa arti Internet dalam kehidupan saya…!?
Di awal tahun 2010 saya memulai kehidupan baru. Kehidupan dimana saya menggeluti dunia blogging yang membuat saya semakin memahami dan mengerti dunia Internet itu seperti apa… Hari ini tanggal 31 Desember 2010, genaplah sudah satu tahun lamanya, saya menjalani aktivitas rutin berselancar dan menggeluti dunia blogging yang sangat banyak sekali manfaatnya bagi diri saya sendiri dan orang banyak.
Dari sebuah sumber yang layak dipercaya, akhirnya saya mengetahui dengan pasti bagaimana sejarah perkembangan Internet yang sudah membuat saya sampai kecanduan dan betah diam di rumah hanya bertemankan Laptop atau tiduran sambil tetap Internetan via HP Nokia atau BlackBerry …hehehe
Berikut ringkasan Sejarah Internet :
Internet  merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET  [Advanced Research Project Agency Network], di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP [Transmission Control Protocol/Internet Protocol].
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat [US Department of Defense] membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir  dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
  
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Dan gabungan kedua jaringan tersebut, akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Anda, selaku orang bijak tentu merasakan betul apa arti Internet dalam kehidupan Anda. 10 tahun yang lalu, pesona Internet belum mampu membuat saya menggeliat dan melirik, apalagi menekuni dunia Internet. Karena masih merupakan sesuatu yang langka sekali. Memang pada saat itu mungkin dikarenakan saya belum sanggup untuk membeli gadget karena keterbatasan yang ada. Tetapi masih ada jalan lain, seperti misalnya berselancar di Internet di warnet. Tapi saya tidak tertarik sama sekali.
Sejak mengenal Friendster sekitar 6 tahun yang lalu, juga masih belum membuat saya begitu terpesona seperti saat ini dengan dunia Internet. Saya lebih suka ngobrol ngalur-ngidul, chating via Yahoo Messenger yang sudah menjadi idola banyak orang sebagai salah satu social networking selain ICQ. Yah, hanya itu yang saya lakukan sembari sesekali saja mencari informasi penting lewat Google atau Yahoo.
Kini, saya semakin takjub akan perkembangan dunia Internet yang semakin membuat banyak orang terkagum-kagum. Begitu mudahnya kita mendapatkan segalanya di Internet. Lalu, masihkah menjadi pertanyaan bagi Anda bagaimana sejarah perkembangan Internet dalam kehidupan Anda? Dan jangan sampai kita lengah dan tidak mengetahui Dampak Internet yang juga bisa memperburuk keadaan.

0 komentar:

Posting Komentar